Vegeta - Dragonball Z 2
English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, November 8, 2013

Indonesia akan mekarkan Provinsi Kotawaringin Raya segera


Sudah tahukah  anda kabar tentang indonesia akan memekarkan provinsinya lagi ???
            Hal yang mungkin dipertanyakan oleh banyak orang, apa itu kotawaringin, dimana tempatnya, dan masih banyak pertanyaan yang mungkin  dapat ditanyakan oleh orang, sebelum kita masuk lebih dalam, perkenalkan dulu calon provinsinya yaitu  KORA ( Kotawaingin Raya ). tempatnya berada di pulau kalimantan, kata kotawaringin raya diambil dari nama kerajaan yang berada di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat-kalimantan tengah yaitu yang bernama kerajaan kutaringin yang hingga kini masih ada bukti sejarahnya, kemudian kenapa nama calon provinsinya bernama KOTAWARINGIN RAYA, itu dikarenakan  2 dari 5 kabupaten yang akan di satukan dalam satu provinsi berawalan dengan kata KOTAWARINGIN, yaitu kabupaten Kotawaringin Barat ( KOBAR ) dan Kotawaringin Timur ( KOTIM ). Mungkin sudah cukup perkenalannya, langsung kita kita masuk ke yang ingin di bahas.
           
           Berita tentang Calon provinsi baru di indonesia yaitu Kotawaringin raya yang hingga kini masih simpang siur, banyak yang mengabarkan kalimantan tengah akan dibagi menjadi 2 Provinsi lagi yaitu Kotawaringin Raya dan Barito Raya, namun dalam segi kemampuan untuk menjadi suatu provinsi Kotawaringin raya sudah sangat siap, dengan majunya pertumbuhan penduduk, pendapatan daerah, dan faktor-faktor yang mendukung lainya pun sudah siap sesuai pemaparan PT Lapi Ganeshatama Consulting ITB yang memaparkan, lima kabupaten di wilayah barat Kalteng mempunyai potensi dan layak menjadi provinsi baru atau daerah otonom baru. Dari aspek sumber daya manusia maupun sumber daya alam, lima kabupaten yang terdiri dari Kotim, Kobar, Seruyan, Lamandau, dan Sukamara layak menjadi provinsi baru.
            
           Dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh 5 kabupaten seperti Kotim, Kobar, Seruyan, Lamandau, dan Sukamara sudah cukup untuk melepaskan diri dari provinsi Kaliamntan Tengah yang saat ini memiliki 14 provinsi, namun apakah DPR RI dan Presiden akan menyetujui tentang pemekaran ini seperti Provinsi Kalimantan Utara yang sudah di mekarkan. Kita semua belum tahu, jika memang akan terjadi pemekaran, itu akan membaw dampak positif untuk perkembangan negara indonesia karena jika terbentuk provinsi baru maka provinsi baru tersebut akan berlomba-lomba untuk menambah mutu dan pemasukan uang dari suatu provinsi tersebut apalagi calon Provinsi Kotawaringin Raya ini memiliki sumber daya alam yang melimpah dan satu yang perlu diingat Kotawaringin Raya memiliki tempat tujuan wisata yang tidak kalah menarik dengan provinsi lainya contohnya taman nasional TANJUNG PUTING yaitu balai konserfasi orang utan yang satu-satunya yang berada di kalimantan yang tepatnya berada di sungai lamandau.
             
           Untuk masalah Ibu kota provinsi ini sampai sekarang masih di negosiasi dengan ke 5 kepala daerah agar terjadinya provinsi Kotawaringin raya terwujudkan yang sangat dinantikan oleh masyarakat terutama di lima kabupaten yang terdiri dari Kotim, Kobar, Seruyan, Lamandau, dan Sukamara maupun yang sangat dinantikan oleh masyrakat indonesia pada umunya, sekian artikel yang saya berikan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Untuk kritik dan saran maupun komentar silahkan berikan di kolom komentar, karena pribahasa menyebutkan tidak ada gading yang tak retak karena kita semua ciptaan tuhan.

No comments: